Selasa, 03 November 2009

ILALANG TERBAKAR

Warga Karajalemba Panik Histeris

Palu - Gara-gara ilalang terbakar, warga di sekitar Karajalemba, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (2/11), mendadak panik. Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.20 Wita.

Ilalang terbakar yang berada tepat disamping pemukiman warga tiba-tiba membesar dan dengan cepat merambat ke lokasi lain karena tertiup anging kencang.

Beruntung, dalam peristiwa tersebut, api tidak merambat ke perumahan warga yang berjarak kurang lebih 30 meter, karena berhasil diatasi oleh tim pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palu.

Reni (23), salah satu warga yang nyaris rumahnya jadi korban aksi si jago merah itu mengaku dikagetkan dengan peristiwa itu karena sebelumnya, Reni yang juga mahasiswa di Fisip Untad ini belum melihat adanya api ataupun asap dari sumber api itu ketika ia baru pulang dari kampus.

“Belum lama ini saya baru pulang dari kampus, dan tidak ada tanda-tanda. Saya juga tidak melihat adanya asap,”ujarnya dengan sedikit panik.

Sementara itu, Aco (35), salah seorang warga setempat yang juga salah satu saksi mata dalam peristiwa tersebut, mengungkapkan api sangat cepat merambat. Selain tertiup angin kencang, rumput-rumputnya juga sudah kering.

“Makanya api cepat merambat. Untung, saja mobil pemadam cepat datang sehingga tidak mengenai rumah kami,”tuturnya.

Sementara itu, pantauan di lokasi kejadian, dua unit mobil pemadam kebakaran menyiram ilalang-ilalang terbakar itu. Untuk mencegah agar api tidak merambat ke tempat lain, petugas pemadam mengantisipasi api dengan menyiram ilalang dari sebelah ilalang yang sudah terbakar.

Sementara, warga setempat juga turun tangan dengan melakukan aksi potong rumput untuk memberikan jalan kepada petugas pemadam masuk dalam semak-semak ilalang karena diduga api masih ada didalam semak ilalang kering itu.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar