Sabtu, 08 Januari 2011

AY- MB Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Andi Indra (7/1/2011), Palu - Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diusung Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Achmad Yahya - Ma’ruf Bantilan (AY-MB), akhirnya menjalani pemeriksaan kesehatan Jum’at (7/1).

Paket ini menjalani pemeriksaan kesehatan di hari kelima sejak tahapan pemeriksaan dimulakan. Keduanya datang bersama sekitar pukul 06.10 Wita. Sedianya paket ini menjalani pemeriksaan kesehatan lebih awal setelah jadwal tahapan pemeriksaan kesehatan mulai dibuka pada Senin (3/1) lalu oleh KPU Sulteng, namun tim dokter saat itu belum siap, sehingga paket ini batal menjalani pemeriksaan kesehatan saat itu.

Pasangan AY–MB menjalani pemeriksaan secara komprehensif, mulai dari pemeriksaan fisik, kebugaran, jasmani dan rohani. “Alhamdulillah, hari ini kami menjalani pemeriksaan kesehatan. Hasilnya masih sama dokter,”ujar Ma’ruf Bantilan, saat ditemui usai menjalani pemeriksaan Radiologi, di RS Undata lama kemarin.

Menurut MB, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan berjalan lancar. Tim pemeriksa kesehatan telah memberikan pelayanan yang baik saat menjalani pemeriksaan.

Selain pasangan AY-MB, dihari yang sama, paket bakal calon gubernur dan wakil gubernur yakni H Nabi Bidja – Suprapto juga menjalani pemeriksaan kesehatan. Meski perahu yang akan digunakan belum jelas, namun paket harus tetap menjalani pemeriksaan kesehatan mengingat masa tahapan pemeriksaan sudah berakhir besok (minggu, red).

Sekertaris tim pemeriksa kesehatan yang juga Sekertaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulteng dr Herman Fery Baan M Kes didampingi dr Kartin Akune, mengatakan pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah pada Pilkada Sulteng mendatang akan berlangsung hingga 9 Januari, sehingga semua kandidat yang akan maju harus lebih awal menjalani pemeriksaan.

Setelah tahapan pemeriksaan selesai, tim pemeriksa akan menyerahkan hasilnya kepada KPU Sulteng. Rencananya, paling lambat akan diserahkan pada 14 Januari mendatang.

Herman menyebutkan, pemeriksaan kesehatan dilakukan secara komprehensif dengan tiga tahap yakni tahap pertama di RS Undata lama dengan pemeriksaan jantung, laboratorium, dan radiologi. Tahap kedua dilakukan di RS Undata baru yakni pemeriksaan jasmani dan rohani. Tahap ketiga yakni pemeriksaan psikologis atau kejiwaan oleh tim dokter kejiwaan dan psikolog.

Dikatakan Herman, sampai saat ini, ada lima pasangan calon kepala daerah dan wakilnya yang telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Pasangan pertama yang menjalani pemeriksaan adalah paket Sahabuddin Mustapa – Faisal Mahmud (SAFA), menyusul Aminuddin Ponulele – Luciana (AP-Luci), dan Longki – Sudarto. “Hari ini, paket AY – MB dan Nabi Bidja – Suprapto yang menjalani pemeriksaan. Jadi baru lima pasang,”tutur Herman.**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar