Sabtu, 08 Januari 2011

Trend Blog, Ajang Berbagi dan Curhat

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang kian pesat telah menunjukkan jati dirinya dalam peradaban manusia saat ini. Tidak dapat dipungkiri, webblog sebagai bagian dari manifestasi website menjadi sarana paling efektif bagi kita semua untuk berbagi informasi dalam dunia maya melalui tulisan atau curahan hati (curhat) yang kita posting.

Oleh : Andi Indra

Blog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada penghujung tahun 1997. Jorn menggunakan istilah Weblog untuk menyebut website pribadi yang dapat di update secara berkelanjutan disertai dengan kolom komentar pada posting.

Blog adalah website yang bersifat personal, memuat opini pesonal dan hal-hal lain yang merupakan aktualisasi diri pembuatnya secara personal yang ingin di kabarkan pada komunitas global dunia. Meski personal, isi blog bisa dinikmati siapa saja dan dari mana saja dan kapan saja sepanjang kita berada pada tempat yang bisa mengakses dunia internet.

Blog bahkan menjadi sebuah loncatan ekspresi diri untuk berbagi dalam skala dunia. Kecanggihan teknologi membuat para pecinta bloger bisa saling berkomunikasi antara satu sama lain melalui sarana blog pribadi.

Muhammad Demy, salah satu pecinta blog mengakui banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam mengelola blog. Selain rame dengan tulisan-tulisan yang kita posting, juga bisa memamer desain yang dibuat sendiri. Selain itu, juga bisa menjadi sarana untuk berbagi ide, gagasan kepada orang lain yang membutuhkan.

Manfaat lain dari pada blog juga bisa menjadi sarana untuk mendeklarasikan diri kepada orang lain bahwa diri kita ini ada tapi agak pemalu. Ada orang bisa menyampaikan gagasannya melalui ilmu retorika yang dimiliki, namun ada juga yang deman panggung. Ketika berhadapan dengan orang banyak, bisa membuat kita tidak berdaya. Namun ketika berhadapan dengan blog, kita bisa menyampaikan gagasan-gagasan yang ada dalam benak pikiran kita.

Manfaat lain yang tak kalah penting adalah, menjelajahi dunia blog juga bisa menjadikan wawasan kita luas. Sebab, saat melakukan blogwalking atau ingin mencari-cari-cari referensi untuk sebuah tulisan, kita bisa dapat informasi dari berbagai sumber. Selain itu, banyak teman yang kita dapat dalam ngeblog.

Mencermati perkembangan blogger saat ini, para artis pun tak mau ketinggalan. Dunia blogger menjadi salah satu sarana untuk mencurahkan hati. Kita bisa lihat pada situs www.blogdetik.com Kalangan artis pun turut memanfaatkannya.

Sampai saat sekarang ini, terdapat ribuan blog bermunculan. Masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olahraga, buku komik, keperluan bisnis dan macam-macam lagi. Saya sendiri punya tiga macam blog yang bisa diakses secara gratis. **

Tidak ada komentar:

Posting Komentar