Selasa, 02 Maret 2010

Anggota DPD Kunker ke Untad

Bahas Kerja Sama Soal Pembentukan PSKIHPP

Andi Indra (2/3/2010), Palu -
Anggota Dewan Pewakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) kembali melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Sulteng. Kunjungan kerja kali ini akan di pusatkan di Fakultas Hukum Universitas Tadulako guna membahas pembentukan Pusat Studi Kebijakan Dan Informasi Hukum Pusat Dan Daerah (PSKIHPP).
Dekan Fakultas Hukum Universitas Tadulako (Untad) H Idham Chalid SH MH, kepada Garda Sulteng mengatakan kegiatan kunjungan kerja anggota DPD ke Untad akan
dilaksanakan pada Kamis (besok, red) di Fakultas Hukum. Dalam kunjungan tersebut, akan membahas mengenai hukum nasional dan daerah.
Kegiatan ini juga untuk menjejaki kemungkinan terbentuknya kerja sama dalam rangka pembentukan pusat studi kebijakan dan informasi hukum pusat dan daerah di universitas terkemuka yang berada di daerah dibawah kemitraan DPD.
“Nah, salah satu perguruan tinggi yang dipercayakan adalah Fakultas Hukum Universitas Tadulako”, ujar Idham Chalid saat ditemui diruang kerjanya kemarin (2/3).
Idham menjelaskan, pembentukan pusat studi tersebut guna melakukan pengkajian-pengkajian terhadap kebijakan mengenai hukum pusat dan daerah dalam rangka analisis, perancangan, dan kajian terhadap kebijakan baik yang sifatnya regulasi, political policy, maupun litigasi. Sebab, hukum ketatanegaraan kita menuntut agar hukum di daerah kuat, demikian pula di pusat.
Dengan demikian, desain ketatanegaraan kita pasca reformasi terjadi hubungan simetris antara pusat dan daerah. Sehingga kepentingan daerah dapat terakomodir dan terakselerasi di tingkat daerah.
Kegiatan tersebut akan dilaksanakan dalam bentuk diskusi panel dengan dua topic pembahasan utama yakni hukum pusat dan daerah, dan pengembangan demokratisasi ditingkat daerah dan konstalasi politik demokrasi di tingkat daerah. “Ini merupakan langkah maju dan positif bagi DPD dalam rangka memberi posisi dan peran di tingkat daerah”,tutur Idham Chalid.
Lebih lanjut Idham mengatakan bahwa nantinya, hasil diskusi mengenau pusat studi tersebut tersebut akan dirancang dalam bentuk kerja sama antara DPD dan Fakultas Hukum Universitas Tadulako. Anggota DPD yang akan melakukan kunjungan kerja ini kata Idham berasal dari perwakilan daerah yang ada di provinsi lain, termasuk salah satu anggota DPD asal Sulteng yakni Nurmawati Dewi Bantilan SE,tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar